17 April 2016

Resep Ayam Taliwang, Masakan Lezat Khas Pulau Lombok NTB




Salah satu adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Pulau Lombok Nusa Tenggara
Resep Ayam Taliwang, Masakan Lezat Khas Pulau Lombok NTB
Ayam Bakar Taliwang
Barat yaitu Ayam Bakar Taliwang, sesuai dengan namanya, ayam ini di masak dengan cara dibakar diatas bara arang, masakan ini sangat cocok dinikmati bersama-sama dengan  masakan khas Lombok yang lain yang tidak kalah lezat dan terkenal, yaitu Plecing Kangkung, dengan cita rasa yang khas, pedas, manis, serta aroma yang harum membuat masakan Ayam Bakar Taliwang ini mempunyai banyak penggemar, tidak hanya dari Pulau Lombok, tetapi juga dari luar pulau, bahkan para wisatawan asing juga banyak yang menggemarinya.
Nama Taliwang sendiri diambil dari nama sebuah kampung yang menjadi asal muasal masakan ini yaitu Kampung Karang Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram Nusa Tenggara Barat.

Disajikan dalam keadaan hangat dengan  nasi putih yang hangat dan mengepul akan makin menambah sensasi kelezatan dari masakan ini.

Bagi anda yang ingin menikmati masakan khas Lombok tersebut, tetapi belum punya cukup waktu untuk pergi ke Pulau Lombok ataupun mengunjungi restauran-restauran yang menyajikan masakan khas Lombok yang sudah cukup banyak tersedia di beberapa kota besar di Indonesia, anda cukup menyiapkan menyiapkan bahan-bahan yang digunakan serta mengikuti proses pembuatan Ayam Bakar Taliwang seperti yang kami tuliskan di bawah ini :

Resep Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok , NTB.


Resep Ayam Taliwang, Masakan Lezat Khas Pulau Lombok NTB
Ayam Bakar Taliwang
Bahan-bahan Ayam Bakar Taliwang :

 1.   1 ekor Ayam kampung
 2.  200 ml Air
 3.  1 sendok makan Minyak goreng
 4.   2 sendok makan Air Jeruk Limau
 5.   Bambu untuk memanggang ayam



Bumbu Halus Ayam Bakar Taliwang :

  1.  Bawang merah 10 butir
  2.  Bawang putih 5 siung
  3.  Cabai merah 5 buah
  4.  Tomat 2 buah
  5.  Kencur 1 ruas jari
  6.  Terasi bakar 1 sendok teh
  7.  Gula merah 2 sendok teh
  8.  Garam secukupnya
  9.  Garam 1 sendok teh
 10. Cabai Rawit 5 Buah


Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang Yang Lezat :

 --   Bersihkan ayam hingga benar- benar bersih, setelah itu dada ayam dibelah tetapi  jangan sampai putus, agak ditekan sedikit lalu renggangkan .
 --   Kemudian ayam yang sudah dibelah dadanya tersebut dilumuri dengan air jeruk limau dan garam , diamkan sekitar 20 hingga 30 menit .
 --   Kemudian tusuk ayam dengan bambu dari paha hingga sayap, masukkan ke penggorengan yang sudah berisi minyak goreng, hingga setengah matang, setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya.
  --  Kemudian, ayam yang telah digoreng setengah matang tersebut dipanggang diatas bara api, bolak balikkan supaya tidak gosong.
  --  Setelah itu, semua bumbu halus ditumis hingga tercium aroma wangi tuang air , lalu masak dengan menggunakan api sedang hingga matang  angkat .
  --  Ayam yang telah dibakar tanpa bumbu tadi dipukul-pukul hingga memar, jangan sampai hancur, kemudian bumbu yang telah dimasak tadi dioleskan keseluruh bagian tubuh ayam hingga benar-benar merata dan meresap.
 --   Ayam dipanggang lagi, dibolak balik sambil sekali-kali diolesi lagi dengan bumbu hingga keluar aroma lezat dan harum. Setelah matang, diangkat dan siap di sajikan selagi hangat bersama dengan Plecing Kangkung dan Nasi Putih.
  --  Selamat menikmati...
   
  

2 comments:

  1. Terimakasih gan, atrikel tentang resep ayam taliwangnya mantapp..

    Baca juga :

    pabrik tas branded murah



    pabrik tas murah



    Pabrik tas wanita

    ReplyDelete
  2. thank you atas informasi resepnya, bisa jadi acuan kalo mau memasak. bisa juga mampir ke blog mengenai pinjaman kta jika berkenan

    ReplyDelete