16 December 2019

Berbagai Manfaat Petai ( Parkia Speciosa / Stinky Beans) Bagi Kesehatan


Berbagai Manfaat Petai ( Parkia Speciosa / Stinky Beans) Bagi Kesehatan
Petai ( Parkia Speciosa / Stinky Beans)
Banyak penggemar petai ( Parkia Speciosa / Stinky Beans ) yang tidak mengetahui, bahwa selain nikmat dikonsumsi, petai ternyata memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh kita, sehingga ada yang menjuluki Speciosa Parkia atau Petai tersebut dengan julukan " sebiji petai sehari membuat dokter pergi "
Petai ( Parkia Speciosa / Stinky Beans ) tentunya sudah sangat tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia, penggemarnya pun sangat banyak walaupun ada juga sebagian lagi yang tidak menyukai disebabkan karena baunya yang tidak enak, itulah sebabnya, petai dijuluki sebagai “stinky beans”. Di Amerika sendiri, petai terkenal sebagai makanan yang paling mengerikan karena baunya yang sangat tidak sedap.
Buah ini berbentuk bulat pipih dan tersimpan di dalam kulit petai dalam bentuk papan-papan, berwarna hijau cerah.

Beberapa kandungan senyawa dan nutrisi yang ada dalam petai:
•    Tryptophan (sejenis protein yang di dalam tubuh diubah menjadi serotin).
•    Vitamin A
•    Vitamin B6.
•    Vitamin B12.
•    Vitamin C.
•    Zat besi.
•    Kalium.
•    Serat.
•    Magnesium.
•    Karbohidrat.
•    Fosfor.
•    Protein.

Apa Penyebab Bau Pada Petai ?
Bau tidak sedap pada petai disebabkan oleh adanya kandungan asam amino di dalam biji petai yang mengandung unsur sulfur ketika terpecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, asam amino tersebut akan menghasilkan berbagai komponen flavor yang sangat bau, dan salah satu gas yang terbentuk dari unsur tersebut yaitu H2S ( Hidrogen Sulfida ) yang terkenal berbau sangat menyengat. Menurut Bambang Subaktyo EDV.F.T, dalam tulisannya Terapi Pete untuk Kesehatan, Kehidupan, Kebahagiaan dan Kesejahteraan  15 Tahun Terapi Pete Versi 5, 30 Juli 2013 disebutkan bahwa bau pesing yang dikeluarkan oleh urine, kotoran maupun keringat itu disebabkan karena pete telah menghancurkan kotoran, racun, toxin yang ada di dalam badan, darah dan pembuluh darah.
Berbagai Manfaat Petai ( Parkia Speciosa / Stinky Beans) Bagi Kesehatan
Petai ( Parkia Speciosa / Stinky Beans)
Berikut ini adalah beberapa Khasiat Petai bagi kesehatan tubuh :

1. Meredakan depresi
Pete mampu meredakan depresi yang terjadi pada seseorang. Hal ini karena pete mengandung Tryptophan salah satu type protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang akan membuat kita menjadi tenang, memperbaiki mood kita dan secara umum mampu membuat kita merasa lebih bahagia.
2. Dapat mengatasi gangguan PMS
Efek positif yang lain dari Tryptophan yaitu mengatasi gangguan PMS (Pre Menstrual Syndrome). Saat seperti ini biasanya membuat seorang wanita dengan cepat berubah mood dan kondisi emosinya. Dengan mengkonsumsi pete ini, maka akan membantu menstabilkan mood. Selain itu, pete juga mengandung  Vitamin B, terutama vitamin B1 yang dapat mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu memperbaiki mood seseorang
3. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi di dalam petai juga bermanfaat untuk mencegah anemia pada seseorang. Gejala-gejala anemia pada seseorang yaitu  :
•    Tubuh terasa tidak bertenaga
•    Gampang terserang penyakit ringan
•    Gampang pusing dan mual-mual
•    Aktivitas sehari-hari tidak bisa  optimal
•    Cepat letih dan lesu
4. Menurunkan tekanan darah tinggi
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah pete dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi karena petai tersebut mengandung potassium dan kandungan garamnya rendah, bahkan US FDA ( Food and Drugs Administration ) mengijinkan klaim resmi yang menyatakan bahwa buah petai memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah dan resiko stroke.
5. Meningkatkan kemampuan Otak
Sejumlah 200 orang siswa di Twickenham ( Middlesex) terbantu dalam ujian mereka tahun lalu dengan mengkonsumsi Parkia speciosa saat sarapan , istirahat , dan makan siang . Penelitian telah menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada .
6. Menghilangkan rasa sesak karena kekenyangan
Pete memiliki efek yang dinamakan efek antasida. Efek ini dapat membantu kita dalam mengurangi rasa begah dan sesak pada bagian dada yang disebabkan karena kekenyangan atau terlalu banyak makan.
7. Menghilangkan gatal karena gigitan nyamuk
Tidak hanya buah petai yang berkhasiat, bagian kulit petai pun ternyata juga memiliki khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji petai ini adalah dapat mengurangi dan menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Berikut ini cara mengurangi dan menghilangkan rasa gatal dengan menggunakan kulit petai :
•    Ambil bagian dalam dari kulit petai
•    Gosok-gosokan bagian dalam kulit petai tersebut pada daerah kulit yang gatal karena digigit nyamuk.
8. Mencegah Kegemukan
Pete selain memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat mengikat lemak, juga bermanfaat untuk mencegah kegemukan dengan cara lain. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan kegemukan adalah faktor stress, depresi dan tekanan. Dengan mengkonsumsi pete, dapat mengurangi faktor resiko tersebut, sehingga akan terhindar dari kegemukan.
9. Baik untuk kesehatan lambung
Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus . Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah . Hal ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung serta mencegah infeksi pada lambung.
10. Dapat menurunkan suhu tubuh
Pete dapat Mengatur suhu tubuh . di beberapa negara, pete disebut sebagai ' buah  dingin’ yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi . Di Belanda misalnya , ibu hamil akan makan petai untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu yang lebih rendah .
11. Mencegah serangan stroke
Salah satu penelitian yang diungkapkan oleh The New England Journal of Medicine, dikatakan bahwa mengkonsumsi pete dapat membantu untuk mengurangi resiko terjadi serangan stroke pada seseorang.
12. Membantu menghentikan kebiasaan merokok
Bagi yang ingin menghentikan kebiasaan merokok, kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium, dan magnesium yang terkandung di dalam buah pete ini dapat membantu dalam menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini juga dapat mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh.
13. Mengandung antioksidan
Buahpete juga memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi yang diketahui dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan dapat membantu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, mencegah tubuh terjangkit berbagai macam penyakit serta berguna bagi kesehatan tubuh secara umum.
14. Kandungan Vitamin C Tinggi
Petai mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, walaupun memang tidak setinggi jenis buah-buahan asam lainnya,  kandungan vitamin C yang terkandung pada pete dapat membantu tubuh mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari.
15. Kaya Vitamin A
Buah pete juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh. Kira – kira 100 gr biji atau buah petai dapat mengandung kurang lebih 299 IU Vitamin A.
16. Manfaat Pete untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada buah pete ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya gangguan-gangguan pencernaan yang sering kita alami. Gangguan gangguan pencernaan tersebut  antara lain :
1.    Sembelit
2.    Diare
3.    Sulit buang air besar atau kecil
4.    Nyeri perut
5.    Mulas mulas
6.    Begah ( rasa sakit akibat kekenyangan )
17. Seasonal Affective Disorder ( SAD ) - ( penyakit emosional yang kacau )Jika kita bandingkan dengan apel , petai memiliki 4 kali lebih banyak protein , dua kali karbohidrat , tiga kali lipat fosfor , lima kali lipat Vitamin A dan zat besi , dan dua kali vitamin dan mineral lainnya . Selain itu, petai juga kaya kalium .
18. Obat Mabuk
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan mabuk adalah milkshake pete , yang dimaniskan dengan madu . petai akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang drop ( turun ), sedangkan susu akan menenangkan dan  memperbaiki kembali kadar cairan dalam tubuh kita.
19. Mengobati Kutil
Ternyata pete juga bisa menyembuhkan kutil, caranya yaitu ambil sepotong pete , dan letakkan pada kutil kemudian plester pete tersebut di tempat kutil berada supaya pete tetap berada ditempatnya.
20. Mengembalikan Kemampuan Er3ksi Pria
Menurut penelitian dan percobaan yang dilakukan oleh Bapak Bambang Subaktyo EDV.F.T, ( Terapi Pete untuk Kesehatan, Kehidupan, Kebahagiaan dan Kesejahteraan  15 Tahun Terapi Pete Versi 5, 30 Juli 2013), ternyata pete dengan sukses telah mampu mengembalikan kemampuan ereksi pada beberapa orang yang telah mencoba terapi pete tersebut.

Selain Buah pete, ternyata kulit pete juga bisa dimanfaatkan sebagai terapi obat tradisional.

Beberapa manfaat dari kulit pete yaitu :
Berbagai Manfaat Petai ( Parkia Speciosa / Stinky Beans) Bagi Kesehatan
Petai ( Parkia Speciosa / Stinky Beans)
1. Mengobati Impotensi

- Kulit pete sebanyak 1 lanjar/ papan
- Potong kecil-kecil kulit pete tersebut
- Rebus air kurang lebih sebanyak 3 gelas sampai mendidih
- Setelah air mendidih, masukkan potongan kulit pete tersebut
- Rebus kulit pete tersebut selama sekitar 20 menit

Khasiat air rebusan tersebut akan mulai terasa dalam waktu antara 6-10 jam setelah meminumnya. Dianjurkan untuk minum air rebusan tersebut pada waktu siang atau malam setelah makan.

2. Sebagai Obat Diabetes
Cara mengolah Kulit Petai untuk mengobati Diabetes :

1. Potong kulit pete kecil-kecil
2. Masukanlah dalam ketupat
3. Rebus ketupat yang telah berisi potongan kulit pete tersebut dalam 3 gelas air panas sampai airnya tinggal satu gelas.
4. Masukkan gula merah secukupnya ke dalam air rebusan
5. Saring air hasil rebusan dan konsumsi ramuan ini 2 x satu hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan

3. Anti Penuaan Dini
Kulit petai memiliki kandungan senyawa fenolik sebagai antioksidan yang kuat juga bermanfaat untuk anti penuaan dalam tubuh. Selain itu zat ini berkhasiat mencegah tumbuhnya sel yang tidak normal, meningkatkan sirkulasi darah serta meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Asam Fenolik yang terkandung dalam kulit petai juga bersifat anti inflamasi dan anti pembekuan yang berguna untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Kardiovaskular sendiri adalah sistem dari tubuh yang terdiri dari jantung, komponen darah, dan pembuluh darah yang berperan dalam mengalirkan suplai oksigen dan nutrisi kesemua jaringan tubuh dalam proses metabolisme tubuh.

6. Mengobati asam urat
Mengkonsumsi air rebusan kulit petai secara teratur selama 4-7 hari juga diyakini bisa mengurangi penyakit asam urat.


Tips mengurangi bau mulut yang disebabkan karena mengkonsumsi pete :

 > Rebus pete sebelum dikonsumsi, proses ini dapat membantu mengurangi kadar bau yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi pete.
>  Gosok gigi setelah mengkonsumsi petai lalu kumur dengan mouthwash.
>  Makan mentimun setelah memakan petai juga mampu  menghilangkan bau petai.
>  Mengunyah sedikit kopi bubuk setelah makan petai.
>  Mengunyah beras setelah makan petai.
>  Makan berikut dengan kulit arinya bisa mengurangi bau pete
>  Konsumsi ketimun setelah makan pete untuk menetralkan bau pete
>  Makan 1 sendok kecap setelah konsumsi pete

Demikian berbagai khasiat petai ( Parkia Speciosa ) yang bisa kami himpun. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kita !

1 comment: