9 December 2019

Resep Brownies Panggang dan Kukus Yang Lezat

Brownies
Hampir bisa dipastikan kalau kita sudah pernah merasakan nikmat dan lezatnya brownies, Baik itu Brownies Panggang maupun Brownies Kukus, Kue basah berwarna cokelat dengan tekstur lembut ini sering menjadi hidangan disaat santai, pesta, menjamu tamu ataupun oleh-oleh. Karena cita rasanya yang nikmat, tidak heran jika brownies sangat digemari oleh berbagai kalangan

Bagi yang ingin mencoba membuat sendiri kue brownies yang tidak kalah nikmat dengan yang dijual di berbagai outlet, berikut ada 2 buah resep kue brownies yang bisa anda coba :

1. Resep Brownies Panggang Lembut

Bahan:

    - 100 gram mentega, lelehkan
    - 150 gram gula pasir (Bisa lebih, sesuai selera)
    - 100 gram gula merah
    - 3 butir telur
    - 1 ½ sdm minyak sayur
    - 2 sdm bubuk kakao
    - 1 sdt ekstrak vanilla murni
    - 125 gram tepung terigu
    - 175 gram keping cokelat, hancurkan
    - ½ sdt baking powder
    - ½ sdt garam
   
Untuk hiasan, bisa ditambahkan :
Kacang, kenari, almond, kismis, kurma atau lainnya sesuai selera.

Cara Pembuatan:

    - Oven dipanaskan hingga mencapai suhu 180 derajat celcius, siapkan loyang brownies, olesi dengan minyak goreng.
    - Campurkan mentega cair, gula pasir, gula merah dan minyak sayur dalam mangkuk kemudian aduk dengan mixer sampai mengembang baru kemudian tambahkan telur dan ekstrak vanila, dan kocok kembali selama kurang lebih 1-2 menit sampai warnanya berubah agak terang dan sedikit berbusa.
    - Masukkan tepung terigu di dalam wadah lain kemudian campurkan dengan bubuk kakao, baking powder dan garam. Setelah semua bercampur merata, masukkan secara perlahan-lahan campuran ini ke dalam adonan mentega serta tambahkan sebagian kepingan coklat yang sudah dihancurkan ke dalam adonan tersebut dan aduk kembali sampai merata.
    - Setelah semua tercampur merata, masukkan adonan ke dalam cetakan kue dan ratakan bagian permukaan atas dan tambahkan sisa kepingan coklat tersebut.
    - Taruh adonan ke dalam oven paling atas dan panggang selama kurang lebih 20-30 menit, periksa kematangan dengan tusuk gigi atau lidi bersih.
    - Setelah cukup matang, keluarkan brownies dari dalam oven dan dinginkan dalam suhu ruangan sebelum disajikan. Untuk mempercantik tampilan brownies, taruh diatas brownies tersebut hiasan berupa kurma, kacang atau yang lainnya sesuai selera.
    - Siap untuk disajikan


Brownies
2. Resep Brownies Kukus Cokelat Lembut

Bahan:

1. 4 butir telur ayam
2. 4 sdm gula pasir atau lebih sesuai selera
3. 125 gram tepung terigu
4. 5 sdm coklat bubuk
5. 5 sdm gula halus
6. 1 sdm Baking soda
7. 100 gram margarin lelehkan
8. 3 sdm susu bubuk
9. 5 sdm skm coklat
10. ½ sendok teh garam
11. Air es

Cara membuat:
 
1. Panaskan air dalam panci untuk mengukus
2. Campurkan telur ayam dan gula pasir dan kocok sampai warna berubah kuning pucat
3. Saring tepung terigu, coklat bubuk, gula halus dan baking soda kemudian campurkan kedalam adonan telur ayam dan gula pasir.
4. Kemudian campurkan dalam wadah yang lain margarin yang sudah dilelehkan, susu bubuk, skm coklat, garam dan air es dan aduk sampai merata, setelah itu perlahan-lahan campurkan kedalam adonan tepung terigu dan lain-lain yang sudah dicampurkan terlebih dulu.
5. Aduk sampai betul-betul merata dan kemudian masukan ke dalam loyang. Kukus dalam panci yang telah terisi air yang dipanasi sebelumnya hingga matang dengan api kecil, tutup panci harus dilapisi kain supaya adonan tidak terkena tetesan uap air.
7. Cek kematangan dengan tusuk gigi atau lidi. Kalau sudah tidak lengket bisa diangkat
8. Brownies siap disajikan.







No comments:

Post a Comment