2 June 2016

Resep Membuat Kue Ku ( Ang Ku Kueh )

Resep Membuat Kue Ku ( Ang Ku Kueh )
Ang Ku Kueh
Biasa disebut dengan Kue ku atau dikenal juga dengan nama kue kura-kura atau kue tok ini berbahandasar tepung ketan dan berisikan kacang ijo. Ang Ku Kueh ini sudah ada sejak lama dan masih banyak penggemarnya hingga sekarang ini, Kue ini masih bisa dijumpai di beberapa pasar tradisional dan di beberapa supermarket juga ada yang menyediakan kue ku ketan ini. Bentuk kue dan warnanya bermacam-macam, tergantung kreasi dari
pembuatnya, tetapi umumnya kue ku ini berwarna merah merona dan hijau.
Resep Membuat Kue Ku ( Ang Ku Kueh )
Ang Ku Kueh

Ada sensasi tersendiri ketika mengigit kue ini yaitu terasa kenyal dan memiliki rasa manis dengan aroma kacang hijau.
Cetakkan kue Ku ini berbentuk ukiran kura-kura dengan menggunakan cetakan kayu dan diukir.  Dalam tradisi tiongkok, kura-kura melambangkan panjang umur dan kemakmuran. Biasanya kue ini disajikan pada saat  upacara tertentu.
Tapi sebenarnya kue ini juga sangat cocok untuk disajikan dalam berbagai kesempatan, termasuk untuk dihidangkan saat Lebaran.
Berikut resep pembuatannya :
Resep Membuat Kue Ku ( Ang Ku Kueh )
Ang Ku Kueh


Bahan Kulit :

    300 gram tepung ketan
    250 cc santan encer
    Gula pasir halus, jumlah tergantung selera
    1 sdt vanili bubuk
    garam secukupnya
    3 sdm Minyak goreng
    Pewarna makanan ( merah atau warna lain sesuai selera )

Bahan Isi :

    250 gram kacang hijau
    125 gram gula pasir
      50 cc minyak sayur
    750 gram cc air
    200 cc santan
    2 lembar daun pandan, diikat simpul
    garam secukupnya


Cara membuat Kue Ku   :

Membuat Kulit :

Tepung ketan,  gula pasir, vanili dan garam secukupnya dicampur menjadi satu. Tuangkan santan encer dan minyak sayur sambil terus diaduk sampai merata, setelah itu adonan dibagi menjadi beberapa bagian dan diberi pewarna sesuai selera.

Membuat Isi :


Kacang hijau dicuci dan direndam sebentar dengan air bersih. Kemudian direbus sampai agak lembut kemudian dihaluskan lalu masukkan gula, santan dan garam serta masukkan daun pandan
Bila airnya sudah berkurang, masukkan minyak sayur dan biarkan sampai airnya kering, kemudian angkat dan dinginkan.
Ambil adonan kulit dan dibentuk menjadi bulat kecil, setelah itu masukkan adonan isi di bagian tengahnya dan dibentuk bulat lagi. Bulatan ini dicetak dalam cetakan kue Ku yang telah ditaburi sedikit tepung terigu.
Kemudian siapkan daun pisang yang bersih, dan olesi dengan minyak, keluarkan kue dari cetakan dan kukus dalam panci yang telah dialasi daun pisang selama kurang lebih 15 menit sambil sekali waktu tutup panci dibuka supaya kue tidak terlalu melebar sehingga motif cetakan pada kue jadi tidak terlihat.
Setelah matang angkat dan sajikan di piring.

No comments:

Post a Comment