16 May 2016

Resep Beberuk Terong, Masakan khas Lombok yang Menyehatkan



Resep Beberuk Terong, Masakan Khas Lombok yang Menyehatkan
Beberuk Terong

Beberuk adalah masakan khas dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan cita rasa yang unik, nikmat dan pedas, beberuk mampu memberikan sensasi tersendiri untuk menambah selera makan bagi pecinta kuliner. Beberuk sendiri merupakan makanan yang sangat sehat dan menyehatkan, karena komponen-komponen dalam pembuatan beberuk ini, masing-masing ternyata kaya akan gizi, diantara komponen-komponen utama yang ada dalam beberuk yaitu :

1. Terong, merupakan salah satu komponen pokok dalam pembuatan Beberuk, makanan khas pulau Lombok. Bentuknya bulat dan berwarna putih keunguan, rasanya sangat khas, antara tawar, pahit, manis dan ada sedikit kandungan air, terasa sangat renyah menyegarkan ketika disantap dalam keadaan mentah, sehingga terong mampu membangkitkan selera makan, terong mengandung zat yang bisa mampu mengatasi Atheroskleorosis
atau penumpukan lemak di saluran pembuluh darah, menurunkan kadar kolekterol, mengurangi resiko kanker,  mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

2. Kacang Panjang, komponen utama yang lain dalam beberuk untuk menambah cita rasa beberuk, rasanya sangat unik tetapi terasa lezat di lidah, dan yang lebih penting lagi, banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Kandungan gizi pada kacang panjang tersebut yaitu :

a.  Protein
Kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang yang sudah direbus, kacang panjang merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan akan protein.
b.  Vitamin B
Kacang panjang yang direbus memiliki 100 gram folat 146 mcg (37% kebutuhan); 0,3 mg thiamin (15% kebutuhan); 0,2 mg vitamin B6 (6% kebutuhan); 0,2 mg riboflavin (5% kebutuhan); 0,5 mg asam pantotenat (5% kebutuhan); dan 0,5 mg niacin (5% kebutuhan). Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita.
Vitamin B kompleks mempunyai fungsi penting dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B biasanya dapat mengakibatkan kelelahan dan kurangnya tenaga.
c. Serat
Kandungan serat dalam tiap 100 gram kacang panjang yang sudah di rebus, sekitar 4 gram atau sekitar 16% kebutuhan akan serat harian dalam tubuh kita. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal.
d. Kalsium
Dalam 100 gram Kacang panjang yang sudah direbus mengandung sekitar 45 mg kalsium (5% kebutuhan). Kalsium merupakan mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.
e. Zat Besi
Kacang panjang  rebus mengandung sekitar 2,7 mg zat besi (16% kebutuhan). Zat besi merupakan komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel-sel otot dan sel darah merah.

Setelah mengetahui dua komponen utama serta kandungan gizi yang ada, mari kita mencoba memasak beberuk dan menjadikannya sebagai hidangan yang menyehatkan di rumah.

Bahan-bahan :

> 10-15 batang kacang panjang, potong kecil-kecil.
> 4-5 buah terong ungu bulat, potong dadu kecil-kecil.
> 2 buah tomat mentah, potong dadu.
> 1 sdm minyak goreng/ minyak sayur
> 2 buah jeruk limau.

Bumbu Halus :

> 5-7 cm Kencur, bakar sebentar
> 5 buah cabai meah keriting
> 5-7 buah cabai rawit ( sesuai selera )
> 5 siung bawang merah
> 1 siung bawang putih
> 1 sdt terasi, dibakar
> 1 sdt gula pasir
> ½ sdt garam

Cara membuat :

Resep Beberuk Terong, Masakan Khas Lombok yang Menyehatkan
Beberuk Terong
Bahan-bahan bumbu halus dihaluskan, bisa diuleg atau diblender, kemudian siapkan terong, tomat dan kacang panjang yang sudah dipotong dadu, dan tuangkan semua bumbu halus tersebut kemudian diaduk sampai rata, setelah rata, siramkan minyak goreng/ minyak sayur, dan aduk lagi sampai merata dan sebelum disajikan, tambahkan dengan air perasan jeruk limau diatasnya.

Selamat menikmati.

1 comment:

  1. thank you atas informasi kulinernya, bisa jadi acuan kalo mau masak masak. bisa juga mampir ke blog mengenai pinjaman kta jika berkenan

    ReplyDelete